Tipe-tipe Penumpang Bus Transjakarta



Tipe-tipe Penumpang Bus Transjakarta

Bus Transjakarta sudah menjadi primadona dan menjadi transportasi yg beroperasi di jalan-jalan ibu kota Jakarta. Dengan adanya bus transjakarta memudahkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk pergi ke suatu tempat dengan sangat mudah. Hanya membayar tiket sebesar Rp3.500 sekali jalan tapi sekarang sudah menggunakan e-tiket berbentuk kartu dan membayar sebesar RP40.000 serta berisi saldo Rp20.000. Tak heran penumpangnya semakin banyak dari hari ke hari terutama di jam-jam tertentu. Berbagai penumpang dengan beragam latar belakang menjadi penumpang setia bus transjakarta.

Pernahkah kalian memperhatikan setiap penumpang yg ada di dalam bus transjakarta? Pasti pernah, walaupun hanya sekilas saja atau memperhatikannya sampai orang tersebut turun. Kalo gue biasanya suka perhatiin cewek cakep, lumayan kan menghilangkan kebosanan selama perjalanan. Tetapi ada beberapa tipe penumpang menurut analisis gue selama menjadi penumpang setia bus transjakarta. Berikut tipe-tipe penumpang bus transjakarta:

  • Pemburu Bangku
Tipe penumpang pemburu bangku ini biasanya penumpang yg selalu berusaha mengambil kesempatan untuk duduk. Penumpang tipe ini memiliki mata bagaikan elang yg mencari bangku kosong untuk di duduki. Penumpang ini biasanya berada di paling depan saat di halte bahkan jika antri di paling belakang paling jago menyalip dan dengan cekatan bisa duduk dibangku bus.
  • Berdiri Di Depan Pintu
Tipe penumpang ini biasanya para laki-laki dan berdiri di depan pintu di dalam bus transjakarta baik itu di pintu depan dan belakang. Penumpang ini paling suka bergerombol di depan pintu dibandingkan ke bagian tengah bus yg masih lapang. Tipe penumpang ini bagaikan ikan teri yg bergerombol yg siap dimangsa oleh ikan predator. Tidak jarang kejadian terjepit pintu sering terjadi dan pasti lucu melihatnya. Haha.. jahat banget ya tertawa di atas penderitaan orang lain.

  • Pura-pura Tidur
Penumpang ini biasanya yg sudah duduk dibangku dan langsung tertidur atau pura-pura tertidur. Yg penting nyaman bisa duduk dan gak bisa diganggu. Ya kalo mau duduk nyaman di bus transjakarta pake cara ini aja tapi tanggung sendiri rasa malu haha.. gue paling gak bisa pura-pura tidur.

  • Pemberi Bangku
Ada pemburu bangku, ada juga pemberi bangku. Tipe penumpang ini biasanya memberikan tempat duduk yg didudukinya kepada orang yg dianggapnya tidak tahan berdiri. Penumpang ini selalu mengutamakan bangku prioritas yg sudah ditetapkan yaitu orang lanjut usia, wanita hamil, orang disabilitas dan sebagainya.

  • Ikhlas
Tipe penumpang ini memiliki sifat yg ikhlas dan pasrah karena tidak terlalu mementingkan dapat duduk atau nggak. Yg paling penting bagi tipe penumpang ini adalah bisa sampai rumah. Mereka langsung naik dan tidak terlalu memikirkan kenyamanan. Tipe penumpang ini biasanya pegawai kantoran yg sudah terlalu capek dan butuh istirahat.

  • Bau Badan
Tipe penumpang ini biasanya memiliki bau badan yg semriwing dan mata pun menjadi perih saat di dekatnya haha.. menurut gue wajar aja ya karena seharian bekerja, apalagi jakarta yg memiliki cuaca yg cukup panas. Biasanya bau-bau semerbak disaat bus transjakarta penuh dengan penumpang dijam-jam pulang kantor. Ah.. gue aja kalo ngebayanginnya ngeri :D

  • Penumpang Bermasker
Penumpang ini paling sering dijumpai di bus transjakarta baik itu penumpang perempuan dan laki-laki. Menurut gue ada tiga kemungkinan penumpang ini memakai masker. Pertama, menangkal polusi udara jakarta. Kedua, menangkal bau badan saat di bus. Ketiga, tidak punya hidung hehe.. canda. Kalo gue paling suka liat cewek pake masker di bus transjakarta dan biasanya gue penasaran sama bentuk wajahnya secara keseluruhan.

Seperti itulah tipe-tipe penumpang bus transjakarta berdasarkan pengalaman, observasi gue selama ini. Dengan memiliki bekal selama 4 tahun lebih menggunakan transportasi umum jakarta tersebut, gue cukup kapabel dalam bidang ini hehe.. Saran gue buat penumpang transjakarta adalah jadilah penumpang yg bijak dan selalu mengutamakan bangku prioritas bagi orang lanjut usia, wanita hamil, disabilitas dan lainnya.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, gue mau memberikan tips naik bus transjakarta dengan aman dan nyaman, yaitu:

  • Ketahui rute dan koridor bus yg akan dinaiki
Masih banyak penumpang bus transjakarta yg tidak siap saat naik bus, tidak tahu rute dan koridor yg dituju tapi dengan beraninya naik bus tanpa bertanya terlebih dahulu. Alhasil panik, nangis, dan guling-guling di jalur busway. Jika tidak tahu koridor mana yg akan dinaiki, usahakan bertanya dengan petugas bus transjakarta yg ada di halte. Jika sudah tahu ingat bus yg akan dinaiki, langsung ingat halte tujuan kamu.

  • Usahakan berada di paling depan antrean saat dihalte
Kalau sudah antre di halte dan berada di paling depan, kemungkinan untuk dapat posisi yg enak di dalam bus tercapai. Jadi tidak berdesak-desakan saat masuk ke dalam bus dan lebih nyaman.

  • Posisi menentukan kenyamanan
Posisi yg paling enak saat ada di dalam bus transjakarta ada di bangku belakang dan sudah pasti tidak ada yg menganggu gugat kedudukan kamu disitu haha... tapi kalo tidak dapat tempat duduk usahakan ada bagian tengah dalam bus karena biasanya lebih lapang.

  • Persiapkan diri sebelum turun
Masih banyak penumpang yg tidak bersiap-siap untuk turun saat sudah sampai di halte tujuan mereka. Akibatnya ada beberapa kejadian penumpang yg tidak bisa turun dan terpaksa turun di halte selanjutnya. Maka persiapkan diri sebelum turun jika sudah mendekati halte tujuan kamu.

  • Hiburan saat di perjalanan
Biar ngga bosan di perjalanan usahakan menghibur diri agar tidak ketiduran di perjalanan. Mendengarkan musik, membaca buku hiburan yg paling tepat. Kalo ngga bawa headset atau buku, hiburlah diri dengan mencuci mata tapi bukan pakai air. Cucilah mata dengan melihat cewek-cewek cakep haha.. biar ngga ngantuk tuh mata.

Sekian tulisan gue kali ini, ingat bus transjakarta itu transportasi umum. Kalo mau yg lebih nyaman naik kendaraan pribadi atau taksi.



Baca Artikel Lainnya:

0 komentar:

Post a Comment