Please, Jangan Tanya IPK Saya


Ya melihat judul diatas mungkin sebagai mahasiswa agak sensitif jika ditanya mengenai IPK.  Disini hanya ada dua alasan mengapa mahasiswa tidak ingin menjawab berapa IPK-nya. Yang pertama mungkin mahasiswa tidak ingin sombong dengan IPK-nya yang tinggi haha.. ini Cuma asumsi ya guys. Yang kedua ini yang paling jelas, mungkin IPK-nya emank jelek dan tidak pantas untuk disebutkan hehe.. sorry ya yang IPK-nya kurang, gue juga IPK-nya ngga begitu jelek atau ngga begitu bagus yah standarlah dibilang. *ngeles

Di dunia perkuliahan IPK memang hal yang sangat sensitif untuk ditanyakan kepada teman-teman, kalo ditanya pasti malah balik nanya juga. Pengen tahu apakah IPK-nya masih dibawahnya atau tidak, haha ngga apa-apa ini kan jurus yang sangat bagus supaya menghindarkan diri dari jatuhnya harga diri haha.. *lebay. Gue juga sebagai mahasiswa agak males kalo ditanya IPK, apalagi kalo ada yang IPK-nya tinggi langsung songong dah tuh orang pengen gue lempar s*mpak tuh orang haha..

Akibat IPK ini mahasiswa seperti berada di sistem kasta umat Hindu, dimana ada Brahmana atau Sudra. Ini sungguh tidak adil haha..  mungkin ada beberapa sebab mahasiswa memiliki IPK yang kecil, bisa saja Dosennya di kampus Dosen-dosen luar biasa alias dosen yang jarang datang mengajar sekaligus pelit nilai. Bisa dibayangin ngga dosen kayak begitu, gue sih udah ngalamin nih di semester 5 ini. terkadang ada juga dosen yang menjelaskan mata kuliah seenak jidatnya, dosennya asik sendiri di depan ngejelasin tanpa ada rasa bersalah kalo yang dia ajarin tidak ada yang dimengerti oleh mahasiswa. Pantes aja mahasiswa nilainya di bawah standar kalo dosennya mengajar seperti itu.

Intinya sistem pengajaran pendidikan di Indonesia sudah salah dari bawah. Lihat saja satu kelas di isi oleh 40 Siswa/mahasiswa seddangkan tenaga pengajarnya hanya 1 orang. Bagaimana 1 orang menghandle 40 orang, bisa dibayangkan 1 dibanding 40. Akibatnya hanya memang yang rajin dan pintar yang mampu menguasai pelajaran sedangkan yang butuh penjelasan lebih tidak dapat mengikuti pelajaran yang dijelaskan dan tentu saja nilai pun menjadi hancur dan IPK pun sangat kecil sekali.

Belom lagi pemerintah dengan kebijakan bodohnya dengan berganti-ganti kurikulum di pendidikan formal setiap beberapa tahunnya. Pemerintah tidak tahu apa yang dilakukan, padahal dengan diberlakukannya kurikulum baru justru akan membingungkan tenaga pengajar apalagi siswanya ya makin bingung juga. Lebih baik mencontoh sistem pendidikan di negara-negara skandinavia yang menerapkan sistem pengajaran yang baik. Dimana negara-negara tersebut menerapkan perbandingan guru dan murid sangat tepat. Dalam satu kelas terdapat 25 murid dan 2 tenaga pengajar. Kalo ujian lebih enak lagi nih, yang diujikan yang kita inginkan.

Nah coba kalo sistem pendidikan negara skandinavia diterapkan di Indonesia pasti ngga akan ada tuh IPK yang jeblok. Jadi ngga ada tuh istilah “please, jangan tanya IPK saya” , haha.. itu ngga penting yang terpenting adalah buka kuantitasnya tetapi kualitas dalam mendapatkan nilai atau proses belajar. Kalo begitu hanya Tuhan dan Orang Tua saya saja yang berhak mengetahui IPK saya itu pun kalo ditanya haha..

0 komentar:

Post a Comment