Akhirnya Sekolah RSBI dihapuskan





Baru nyetel televisi udah langsung rame berita mengenai penghapusan RSBI di sekolah formal baik itu di SMA atau pun SMP. Menurut gue, penghapusan nama RSBI dari sekolah sangat bagus karena tidak ada lagi tuh mana sekolah yang paling bagus dan paling hebat. RSBI sama saja seperti sistem kasta dimana yang bersekolah di RSBI hanya orang-orang yang memiliki banyak duit sedangkan sekolah yang tidak berlabel RSBI dianggap sekolah untuk si Miskin.

Dengan adanya penghapusan label RSBI ini tentu akan membuat sekolah-sekolah itu sama saja dimana yang membedakan adalah prestasi siswanya bukan di label RSBI atau tidak. Semoga dengan penghapusan label RSBI ini pendidikan di Indonesia semakin maju dan tentunya makin bagus. Gue masih ragu nih kalo pendidikan Indonesia bisa maju kalo hanya dengan tindakan penghapusan label RSBI. Pemerintah ini dari dulu kebijakannya mengenai pendidikan sangat membingungkan dari dulu.

Kesalahan pemerintah itu banyak dalam menerapkan kebijakan di dunia pendidikan mulai dari kurikulum yang berganti-ganti dalam kurun beberapa tahun terakhir. Belum lagi masalah mengenai guru dan masalah pembangunan di sekolah-sekolah yang terdapat di daerah terpencil. Dana BOS dari pemerintah yang masih dipotong atas alias dikorupsi merupakan permasalahan yang harus diselesaikan agar pendidikan di Indonesia semakin bagus.

Beruntunglah ada juga yang merasa tidak beres dengan label RSBI sehingga diuji materi di Mahkamah Konstitusi dan keputusannya menyalahi aturan UUD 1945. Akhirnya dihapuskan juga hari ini label RSBI di sekolah formal sehingga tidak ada lagi mana sekolah yang paling bagus dan hebat. Bagus atau tidaknya sekolah bukan ditentukan oleh label RSBI tetapi seberapa banyak siswanya berprestasi  dan berprilakuan teladan baik itu saat disekolah maupun diluar sekolah.

0 komentar:

Post a Comment