Please, Jangan Tanya IPK Saya
Ya melihat judul diatas mungkin sebagai mahasiswa agak sensitif
jika ditanya mengenai IPK. Disini hanya
ada dua alasan mengapa mahasiswa tidak ingin menjawab berapa IPK-nya. Yang pertama
mungkin mahasiswa tidak ingin sombong dengan IPK-nya yang tinggi haha.. ini Cuma
asumsi ya guys. Yang kedua ini yang paling jelas, mungkin IPK-nya emank jelek
dan tidak pantas untuk disebutkan hehe.. sorry ya yang IPK-nya kurang, gue juga
IPK-nya ngga begitu jelek atau ngga begitu bagus yah standarlah dibilang.
*ngeles
Di dunia perkuliahan IPK memang hal yang sangat sensitif
untuk ditanyakan kepada teman-teman, kalo ditanya pasti malah balik nanya juga.
Pengen tahu apakah IPK-nya masih dibawahnya atau tidak, haha ngga apa-apa ini
kan jurus yang sangat bagus supaya menghindarkan diri dari jatuhnya harga diri
haha.. *lebay. Gue juga sebagai mahasiswa agak males kalo ditanya IPK, apalagi
kalo ada yang IPK-nya tinggi langsung songong dah tuh orang pengen gue lempar
s*mpak tuh orang haha..
Akibat IPK ini mahasiswa seperti berada di sistem kasta umat
Hindu, dimana ada Brahmana atau Sudra. Ini sungguh tidak adil haha.. mungkin ada beberapa sebab mahasiswa memiliki
IPK yang kecil, bisa saja Dosennya di kampus Dosen-dosen luar biasa alias dosen
yang jarang datang mengajar sekaligus pelit nilai. Bisa dibayangin ngga dosen
kayak begitu, gue sih udah ngalamin nih di semester 5 ini. terkadang ada juga
dosen yang menjelaskan mata kuliah seenak jidatnya, dosennya asik sendiri di
depan ngejelasin tanpa ada rasa bersalah kalo yang dia ajarin tidak ada yang
dimengerti oleh mahasiswa. Pantes aja mahasiswa nilainya di bawah standar kalo
dosennya mengajar seperti itu.
Intinya sistem pengajaran pendidikan di Indonesia sudah salah
dari bawah. Lihat saja satu kelas di isi oleh 40 Siswa/mahasiswa seddangkan
tenaga pengajarnya hanya 1 orang. Bagaimana 1 orang menghandle 40 orang, bisa
dibayangkan 1 dibanding 40. Akibatnya hanya memang yang rajin dan pintar yang
mampu menguasai pelajaran sedangkan yang butuh penjelasan lebih tidak dapat
mengikuti pelajaran yang dijelaskan dan tentu saja nilai pun menjadi hancur dan
IPK pun sangat kecil sekali.
Belom lagi pemerintah dengan kebijakan bodohnya dengan
berganti-ganti kurikulum di pendidikan formal setiap beberapa tahunnya. Pemerintah
tidak tahu apa yang dilakukan, padahal dengan diberlakukannya kurikulum baru
justru akan membingungkan tenaga pengajar apalagi siswanya ya makin bingung
juga. Lebih baik mencontoh sistem pendidikan di negara-negara skandinavia yang
menerapkan sistem pengajaran yang baik. Dimana negara-negara tersebut
menerapkan perbandingan guru dan murid sangat tepat. Dalam satu kelas terdapat
25 murid dan 2 tenaga pengajar. Kalo ujian lebih enak lagi nih, yang diujikan
yang kita inginkan.
Nah coba kalo sistem pendidikan negara skandinavia diterapkan
di Indonesia pasti ngga akan ada tuh IPK yang jeblok. Jadi ngga ada tuh istilah
“please, jangan tanya IPK saya” , haha.. itu ngga penting yang terpenting
adalah buka kuantitasnya tetapi kualitas dalam mendapatkan nilai atau proses
belajar. Kalo begitu hanya Tuhan dan Orang Tua saya saja yang berhak mengetahui
IPK saya itu pun kalo ditanya haha..
0 komentar:
Post a Comment