Sinetron Tidak Jelas

Selamat sore semuanya...
wah udah lumayan lama nih enggak ngeblog maklum kemaren lagi sibuk-sibuknya skripsi dan sekarang alhamdulillah sudah lulus hehe..
Gue mau ngebahas apa ya kali ini, mau bahas politik bikin kepala pusing, mau bahas kpk vs polri bukan ranah gue. Baiklah gue mau bahas acara televisi aja ya, yg ringan-ringan ajalah.. kenapa gue ngebhas acara tv? karena tv merupakan pengaruh besar bagi setiap orang baik itu yg positif atau pun negatif. Memang benar acara tv di indonesia sekarang ini membosankan dan tidak jelas!




Sekarang ini acara tv di indonesia masih di dominasi sinetron apalagi di jam-jam primetime gitu. Gue sering memperhatikan sinetron-sinetron yg tayang di tv walaupun hanya sebentar saja dan sering gonta-ganti channel. Sinetron yg tiap hari kejar tayang diputar, pagi syuting malam diputar di tv dan hasilnya kualitas sinetron nol besar. Gue enggak mempermasalahkan sinetron yg tayang di tv karena banyak orang yg hidup di dalamnya yg mencari nafkah, tetapi gue sangat tidak suka dengan jalan cerita, nilai-nilai kehidupan, sopan santun sudah tidak ada lagi di dalamnya. Tidak semua sinetron seperti itu, kita masih bersyukur masih ada beberapa sinetron yg bagus dimana di dalamnya masih terdapat kandungan nilai-nilai kehidupan, arti hidup dan sopan santun.

Sinetron yg menyita perhatian saat ini ya itu GGS (Ganteng Ganteng Serigala)Gue tau sinetron ini karena tayang  tiap hari dan di jam-jam primetime. Kalo menonton tv pas malam hari pasti nemu sinetron-sinetron itu di dua stasiun tv ini di SCTV. Sinetron inilah yg menarik perhatian gue untuk diulas lebih lanjut karena paling banyak di tonton padahal kualitasnya nol. Ini merupakan murni opini gue dan  menurut gue sah-sah aja mau nayangin sinetron, masyarakat butuh hiburan tetapi nilai dan norma harusnya terkandung didalam sinetron tersebut.

GGS (Ganteng-Ganteng Serigala)
Sinetron ini bisa dibilang banyak yg suka sekaligus paling banyak dibenci masyarakat indonesia dan gue secara pribadi enggak suka sama sinetron ini. Kebanyakan yg suka dengan sinetron ini adalah anak-anak yg beranjak remaja yg masih labil dan mudah untuk dipengaruhi terutama remaja putri. Apalagi pemain-pemain sinetronnya diisi bintang-bintang idola mereka dan akibatnya sinetron pun menjadi tontonan mereka.

Disini yg gue permasalahkan adalah jalan ceritanya yg tidak mencerminkan budaya, norma, nilai yg ada di indonesia. Adegan pacaran, rebutan pacar, tingkah laku melukai satu sama lain dan semua itu ditampilkan di dalam sinetron tersebut. Seharusnya penulis cerita atau pun skenario lebih bijak lagi dalam membuat cerita karena efeknya terhadap anak-anak akan timbul. KPI seharusnya bertindak lebih nyata dengan hal seperti ini, jangan hanya lewat surat teguran saja. Kalau bisa ya acara-acara tv yg tidak jelas dihentikan.

Gue merindukan adegan sinetron dimana persahabatan, nilai, norma dan budaya terdapat didalam sinetron. Bukan adegan berpacaran yg tidak pantas ditiru dan sekarang ini anak SD sudah mengetahui apa itu pacaran. Semua itu karena tontonan yg tidak layak seperti sinetron, bisa dikatakan bahwa hampir seluruh masyarakat indonesia memiliki televisi dan pada malam hari menonton televisi terutama pada jam 6-11 malam. Di jam-jam tersebut masyarakat indonesia menonton televisi dan sinetron yg tidak jelas tayang di jam-jam seperti itu.

Harapan gue buat pembuat sinetron ya kalau bikin sinetron yg mengangkat tentang nilai kehidupan, persahabatan, atau pun budaya. Untuk KPI jangan pilih-pilih dalam menindak acara tv yg tidak jelas, apa duitnya kenceng dari sinetron-sinetron itu? haha... gue sih cuman bercuap-cuap aja dan ini murni opini gue jangan diambil hati. wassalam...

0 komentar:

Post a Comment