Sopir Angkot yang Suka Ngomongin Politik



Kisah ini berawal ketika gue pulang dari Bandara Soekarno-Hatta dengan  menaiki Damri yang menuju ke kampung Rambutan. Gue turun di Pasar Rebo dan melanjutkan perjalanan dengan angkot  06 jurusan Kampung Melayu-Gandaria. Nah didalam angkot terdapat 5 orang penumpang dan sopir yg tidak terlalu tua, paruh baya. ketika di perjalanan semuanya biasa seperti biasanya ketika gue melintas di jalan Raya Bogor yg macet dan angkot ngetem seenak udelnya terutama angkot jurusan ke Depok. Saat di lampu merah ada iring-iringan orang yg hendak memakamkan orang yg meninggal dengan seenaknya menghardik semua orang yg ada di jalan dan menyuruh kendaraan untuk minggir. Gue paling kesel nih sama orang kayak gini, dikira jalan punya nenek moyangnya.

Nah berawal dari kejadian itulah gue dan sopir angkot memulai percakapan dan pak sopir tadi pun berkomentar mengenai orang-orang pele tadi. Berikut percakapannya:
Gue = G
Pak Sopir = PS

PS        : kemaren ada yg meninggal mas gara2 iring-iringan orang meninggal di depan pusdikkes. Main asal stop aja trus tabrakan, udah gitu ngga ada tanggung jawabnya langsung lari orangnya mas (Iring-iringan orang meninggal).
Gue       : Iya pak, seenak-enaknya aja kayak jalannya sendiri aja. *kesel banget gue disitu

Terus percakapan gue dengan pak sopir berhenti dan gue ngeliat iringan-iringan orang meninggal tadi mobilnya ngelawan arus gara2 lampu merah. Makin kesel banget gue ngeliat tingkah laku tuh iring-iringan terlebih lagi mobil jenazahnya itu mobil ambulance milik Gerindra dan ada juga mobil Gerindra beserta gambar dan nama Calegnya. Aduh.. makin kesel gue ngeliatnya. Percakapan gue dengan pak sopir pun berlanjut, berikut percakapannya:

Gue      : Buset tuh mobil kok ngelawan arus? Presiden aja ngga pernah ngelawan arus kayak gitu.
PS       : Iya mas, kalo Pemadam Kebakaran baru boleh, kan mau  nolongin orang. Lah ini kok malah gini, orang meninggalnya kan udah tenang ngga perlu kayak gitu seharusnya.
Gue       : Iya pak bener.
PS:        : namanya jaman reformasi mas.
Gue       : iya pak jaman reformasi tapi udah kebablasan
PS         : kalo jaman pak harto ngga bakalan kayak gini mas, orang yg suka kritik besoknya bisa hilang.
Gue       : iya pak (gue iya ajalah, lagian gue masih kecil waktu jaman pak harto)
PS      : jaman pak harto itu enak mas, dulu beras murah banget sekarang apa? Kalo mau beli beras yg murah dapetnya yg jelek.
Gue       : iya pak (gue iya aja, bapak itu lebih tau)
PS        : pak harto lebih berani mas dari pada pak sby, liat aja waktu ada masalah Malaysia. Pak sby malah bilang kita ini negara pancasila harus diselesaikan baik2 sedangkan PM Malaysia nyuruh tentaranya buat nembak orang yg lewat perbatasan.
Gue     : iya pak, pak sby kurang tegas padahal bekas jendral (ngga nyangka gue, sopir angkot aware sama masalah2 kayak gitu)
PS       : pak sby masih letjen waktu itu mas, belom jadi apa2 waktu jamannya pak harto. Pak sby kan jadi menteri pas jamannya bu megawati dan sekarang malah jadi musuh bebuyutan.
Gue     : iya pak, pak sby ngundurin diri dulu pas jadi menteri di jamannya bu megawati. (kebetulan gue tau masalah kayak gini, maklum aja dari SMP suka nonton Metro tv sampe kuliah sekarang).
PS   : kalo pak sby itu terkenal dengan pemberantas korupsinya, pak harto terkenal dengan kesejahteraannya.

Terus pak sopir asyik mengoceh tentang Nazarudin, Ruhut Sitompul, Anas Urbaningrum, Permadi sampai Hotman Paris Hutapea. Pak sopir ternyata ngefans sama pak permadi katanya pak permadi lebih suka ngomong langsung, ngga basa-basi. Sebenarnya masih banyak yg dibicarain sama Pak Sopir cuman gue lupa. Gue jadi pendengar yang baik ajalah hehe... dan pak sopir asyik mengobrol sampai gue turun trus pak sopirnya minta maaf dia bilang “maaf mas asyik ngobrol tadi” gue pun menjawab “ngga apa-apa pak”. Gue langsung turun dari angkot dan menuju ke rumah.

Ternyata sopir angkot yg tiap hari narik cari penumpang masih ada sopir yg suka dengan perkembangan politik di Indonesia dan terus mengikutinya. Sopir angkot mainstream biasanya menarik penumpang, ngetem 1 jam, ngebut seakan pedal gas didudukin dan ngerem seenak udelnya. Disini kita dapat pelajaran bahwa sopir angkot tau dan terus mengikuti perkembangan politik di negaranya sendiri sedangkan kebanyakan mahasiswa kurang tau mengenai perkembangan politik di Indonesia. Mahasiswa sekarang jangan hanya asyik dengan smartphonenya sambil cengengesan di pinggir jalan, di kelas, di toilet dan di akhirat hehe..

Quote yg pas untuk pak sopir “Don’t judge a book by the cover”
Pasti semuanya sudah tau apa maksudnya bukan? Iya jadi kalo mau beli buku lihat2 dulu isinya jangan dilihat dari sampul bukunya. Eh.. kok malah ngomongin buku haha..
Maksudnya kita jangan menilai seseorang dari wajahnya, pekerjaannya atau yg lainnya atau yg paling bener yaitu jangan pernah meremehkan seseorang.

Sekian tulisan saya ini, semoga bermanfaat dan tulisan ini benar2 kenyataan yg terjadi pada tanggal 28 Desember 2013 kira2 jam 14 an. Terima kasih sudah membacanya.

0 komentar:

Post a Comment