Perilaku Konsumen
Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Terhadap Produk Mie Instan Goreng Antara Indomie Dengan Mie Sedaap
INSTITUTE PERBANAS JAKARTA
Nama : Dedek Azhari Sitorus
NIM : 1012000325
Mata Kuliah : Perilaku
Konsumen
Pendahuluan
Mie instan merupakan salah satu
makanan pengganti makanan pokok yang dibutuhkan manusia. Mie instan sangat
dibutuhkan saat makanan pokok sulit didapatkan, hal ini sering terjadi di
daerah bencana dan daerah konflik sehingga makanan yang paling mudah untuk diberikan
adalah mie instan. Mie instan terdiri dari berbagai jenis, bentuk dan sangat
beragam rasanya. Mulai dari mie instan goreng, soto bahkan ada mie instan
gelas. Jenis dan bentuk yang dipilih dan dikonsumsi sangat ditentukan oleh
keinginan atau selera individu konsumen. Dengan semakin banyaknya kebutuhan
akan mie instan, menyebabkan permintaan akan mie instan naik dan produsen mie
instan pun semakin banyak bermunculan. Akibatnya, persaingan antar produsen mie
instan pun semakin meningkat dan mereka bekerja keras untuk membuat mie instan
sebaik mungkin agar dipilih dan dibeli oleh konsumen. Untuk membedakan produk
mie instan berbeda dari produk mie instan lainnya, produsen memberikan berbagai
atribut lainnya di produk mie instan tersebut. Contoh atribut yang paling
penting adalah merek.
Para produsen dan pemasar makanan
harus mengetahui bagaimana konsumen mengambil keputusan dalam memilih dan
mengkonsumsi mie instan. Pemahaman ini akan membantu para produsen dan pemasar
agar dapat memasarkan mie instan dengan lebih efektid. Salah satu faktor yang
perlu diketahui adalah memahami atribut-atribut apa yang dipertimbangkan
konsumen dalam memilih mie instan.
Tujuan dari
penelitian adalah:
1.
Mengidentifikasi sikap konsumen terhadap berbagai
atribut produk mie instan goreng.
2.
Menganalisis sikap konsumen terhadap dua merek produk
mie instan goreng.
Metode
Tempat dan
Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Jakarta,
yaitu di kampus ABFI Perbanas Institute, dengan menggunakan desain survei.
Unsur sampling adalah individu konsumen yang berasal dari populasi mahasiswa
dan mahasiswi Program S1 Manajemen Perbanas. Pengambilan data dilakaukan pada
bulan Mei 2013.
Cara
Pengambilan Contoh
Pengambilan contoh dilakukan secara
purposif, yaitu semua mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mengikuti kuliah pada
semester genap. Jumlah responden adalah 50 orang.
Cara
Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara tertulis. Untuk bisa menjawab kuesioner, semua responden diminta
untuk melakukan uji organoleptik terhadap produk mie instan goreng merek
Indomie dan Mie Sedap.
Deskripsi
Variabel
Variabel dalam penelitian ini terbagi
ke dalam dua kelompok variabel. Yang pertama adalah variabel evaluasi terhadap
sembilan atribut produk (variabel ei), yang terdiri atas sembilan buah
pertanyaan yaitu evaluasi terhadap atribut, a) rasa goreng, b) tekstur, c)
bumbu, d) berat mie, e) zat gizi, f) harga, g) kemasan, h) kemudahan memasak,
i) bawang goreng. Setiap responden diminta untuk menyatakan sikapnya dalam 5
angka skala, mulai +2 yang berarti sangat penting sampai -2 yang berarti sangat
tidak penting.
Pertanyaan
untuk mengukur komponen ei adalah sebagai berikut.
Unsur
Evaluasi (ei) Atribut Produk Mie Instan Goreng
Rasa
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Tekstur
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Bumbu
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Berat Mie
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Zat Gizi
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Harga
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Kemasan
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Kemudahan Memasak
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Bawang Goreng
Sangat Penting
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Penting
|
Variabel kelompok kedua adalah
kekuatan kepercayaan bahwa produk mie instan goreng merek INDOMIE dan MIE SEDAP
memiliki kesembilan atribut tersebut. Setiap responden diminta untuk menyatakan
sikapnya terhadap pernyataan INDOMIE dan MIE SEDAP memiliki atribut a) rasa
goreng, b) tekstur, c) bumbu, d) berat mie, e) zat gizi, f) harga, g) kemasan,
h) kemudahan memasak, i) bawang goreng, dalam 5 angka skala, mulai dari +2 yang
berarti sangat baik sampai -2 yang berarti sangat buruk. Skor rata-rata setiap
variabel tersebut digunakan untuk menghitung skor Model Sikap Multiatribut
Fishbein. Model ini menggambarkan sikap konsumen terhadap produk biskuit untuk
masing-masing merek berdasarkan sikap konsumen terhadap kesembilan atribut
produk tersebut. Pertanyaan untuk mengukur kepercayaan terhadap atribut produk
adalah sebagai berikut.
Unsur
kepercayaan (bi) terhadap atribut Indomie dan Mie Sedap
Rasa
Sangat Terasa
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Terasa
|
Tekstur
Sangat Bagus
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Bagus
|
Bumbu
Sangat Enak
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Enak
|
Berat Mie
Sangat Berat
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Berat
|
Zat Gizi
Sangat Bergizi
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Bergizi
|
Harga
Sangat Mahal
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Mahal
|
Kemasan
Sangat Menarik
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Menarik
|
Kemudahan Memasak
Sangat Mudah
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Mudah
|
Bawang Goreng
Sangat Renyah
|
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
Tidak Renyah
|
Kemudian
pertanyaan yang sama ditujukan untuk mengukur kepercayaan terhadap merek Mie
Sedap.
Hasil dan Pembahasan
Sebelum
responden melakukan uji organoleptik terhadap dua merek produk mie instan
goreng, responden terlebih dahulu diminta untuk menyatakan pendapatnya terhadap
sembilan buah atribut dari produk mie instan goreng tersebut. Inilah yang
disebut sebagai evaluasi komponen ei dari sikap konsumen. Hasil evaluasi
tingkat kepentingan atribut tersebut dsajikan pada tabel 1. Sedangkan hasil
evaluasi tingkat kepercayaan (bi) terhadap produk mie instan goreng INDOMIE
diperlihatkan pada tabel 2 dan merek MIE SEDAP pada tabel 3.
Tabel 1. Evaluasi Tingkat Kepentingan
(ei) Atribut Produk Mie Instan Goreng (n=50)
Atribut
|
Skor Tingkat Kepentingan: +2=Sangat
Penting; -2=Tidak Penting
|
Rata-rata
(ei)
|
||||
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
||
Rasa
|
22
|
20
|
8
|
1,28
|
||
Tekstur
|
18
|
20
|
12
|
1,12
|
||
Bumbu
|
23
|
22
|
3
|
2
|
1,32
|
|
Berat Mie
|
14
|
8
|
26
|
2
|
0,68
|
|
Zat Gizi
|
26
|
14
|
7
|
3
|
1,26
|
|
Harga
|
8
|
18
|
20
|
4
|
0,6
|
|
Kemasan
|
8
|
24
|
13
|
5
|
0,7
|
|
Kemudahan Memasak
|
18
|
22
|
10
|
1,16
|
||
Bawang Goreng
|
14
|
18
|
12
|
6
|
0,8
|
Tabel 2. Frekuensi Skor Tingkat
Kepercayaan (bi) Atribut Produk Merek INDOMIE (n=50)
Atribut
|
Skor
Tingkat Kepercayaan Atribut
|
Rata-rata
(ei)
INDOMIE
|
||||
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
||
Rasa
|
10
|
34
|
6
|
1,08
|
||
Tekstur
|
8
|
27
|
15
|
0,86
|
||
Bumbu
|
12
|
34
|
4
|
1,16
|
||
Berat Mie
|
14
|
30
|
4
|
2
|
0,12
|
|
Zat Gizi
|
4
|
4
|
34
|
8
|
0,08
|
|
Harga
|
12
|
26
|
9
|
3
|
-0,06
|
|
Kemasan
|
2
|
25
|
20
|
3
|
0,52
|
|
Kemudahan Memasak
|
18
|
24
|
8
|
1,2
|
||
Bawang Goreng
|
7
|
30
|
8
|
5
|
0,78
|
Tabel 3. Frekuensi Skor Tingkat
Kepercayaan (bi) Atribut Produk Merek MIE SEDAP (n=50)
Atribut
|
Skor
Tingkat Kepercayaan Atribut
|
Rata-rata
(ei)
MIE
SEDAP
|
||||
+2
|
+1
|
0
|
-1
|
-2
|
||
Rasa
|
8
|
20
|
20
|
2
|
0,68
|
|
Tekstur
|
2
|
18
|
27
|
1
|
2
|
0,34
|
Bumbu
|
6
|
20
|
13
|
11
|
0,42
|
|
Berat Mie
|
4
|
14
|
24
|
6
|
2
|
0,24
|
Zat Gizi
|
12
|
28
|
10
|
0,04
|
||
Harga
|
5
|
34
|
9
|
2
|
-0,16
|
|
Kemasan
|
3
|
11
|
31
|
5
|
0,24
|
|
Kemudahan Memasak
|
8
|
22
|
18
|
2
|
0,72
|
|
Bawang Goreng
|
7
|
26
|
14
|
3
|
0,74
|
Tabel 4. Hasil Analisis Sikap Multi
Atribut Fishbein untuk Produk INDOMIE dan MIE SEDAP (n=50)
Atribut
|
Skor
Evaluasi Kepentingan (ei)
|
Skor
Kepercayaan (bi)
|
|||
INDOMIE
|
MIE
SEDAP
|
||||
Rasa
|
1,28
|
1,08
|
1,38
|
0,68
|
0,87
|
Tekstur
|
1,12
|
0,86
|
0,96
|
0,34
|
0,38
|
Bumbu
|
1,32
|
1,16
|
1,5
|
0,42
|
0,55
|
Berat Mie
|
0,68
|
0,12
|
0,08
|
0,24
|
0,16
|
Zat Gizi
|
1,26
|
0,08
|
0,10
|
0,04
|
0,05
|
Harga
|
0,6
|
-0,06
|
-0,04
|
-0,16
|
-0,10
|
Kemasan
|
0,7
|
0,52
|
0,36
|
0,24
|
0,17
|
Kemudahan Memasak
|
1,16
|
1,2
|
1,39
|
0,72
|
0,84
|
Bawang Goreng
|
0,8
|
0,78
|
0,62
|
0,74
|
0,59
|
∑ bi ei
|
6,40
|
3,52
|
Tabel 4 menunjukkan hasil analisis
sikpa multiatribut fishbein. Berdasarkan nilai/skor Fishbein, skor sikap total
INDOMIE (6,40) lebih besar dari MIE SEDAP (3,52). Ini artinya bahwa responden
lebih menyukai produk INDOMIE dibandingkan MIE SEDAP.
Dari kesembilan atribut produk mie
instan goreng, yang dievaluasi responden, atribut bumbu memperoleh nilai skor
tertinggi, kemudian diikuti oleh atribut rasa. Ini menunjukkan bahwa konsumen
akan mempertimbangkan atribut bumbu dan rasa sebagai atribut penting dalam
memilih produk mie instan goreng. Keenam atribut juga menunjukkan nilai yang
positif antara 0,6 s/d 1,26 yang menunjukkan bahwa atribut-atribut ini juga
dianggap penting oleh konsumen sebagai faktor yang dipertimbangkan dalam
memiliki produk mie instan goreng.
Dari kesembilan atribut tersebut, maka
dari keenam atribut menggambarkan internal. Atribut dari produk tersebut,
sedangkan tiga atribut lainnya (kemasan, harga, kemudahan memasak) menunjukkan
eksternal atribut. Dari skor yang diperoleh kesembilan atribut maka skor
kepentingan atribut harga adalah terendah. Ini artinya, konsumen lebih
menganggap penting untuk mempertimbangkan atribut internal dari produk mie
instan goreng tersebut dibandingkan atribut eksternalnya. Ini juga memberikan
implikasi bahwa dalam pemilihan produk-produk makanan, maka atribut internal
lebih dianggap penting dibandingkan atribut eksternalnya oleh konsumen.
Responden lebih menyukai INDOMIE
dibandingkan MIE SEDAP, karena responden menilai semua atribut INDOMIE lebih
baik dari atribut MIE SEDAP. Penilaian kesukaan responden ini berdasarkan uji
organoleptik yang tidak terungkap dalam penelitian ini adalah beberapa jumlah
responden yang pernah mengkonsumsi INDOMIE atau MIE SEDAP dan menjadi konsumen
yang loyal terhadap salah satu merek tersebut, juga tidak terungkap berapa
jumlah responden yang belum pernah mengkonsumsi salah satu merek tersebut atau
kedua merek tersebut.
Penilaian konsumen terhadap merek
tertentu akan dipengaruhi oleh pengalaman responden dalam mengkonsumsi produk
merek tersebut. Jika ia sudah loyal terhadap merek tersebut maka ia cenderung
menganggap lebih baik merek tersebut dibandingkan yang lain. Apabila responden
belum pernah mengkonsumsi INDOMIE dan MIE SEDAP, amak hasil skor Fishbein lebih
menggambarkan objektivitas yang lebih INDOMIE lebih disukai dibandingkan MIE
SEDAP. Artinya, faktor subjektivitas loyalitas merek dapat diminimalkan
pengaruhnya dalam uji organoleptik.
Uji organoleptikn dalam penelitian ini
dilakukan dengan terbuka, artinya responden mengetahui merek yang dicicipinya.
Dengan metode seperti ini, maka responden yang pernah mengkonsumsi atau loyal
terhadap merek tertentu akan sangat dipengaruhi penilaian sikapnya terhadap
produk tersebut. Sebaliknya jika uji organoleptik dilakukan secara tertutup
(blind test), maka responden tidak mengetahui merek produk yang dicicipinya,
maka kemungkinan hasil skor sikap akan berbeda dengan hasil penelitian
sekarang.
Kesimpulan
Responden menganggap penting semua
atribut produk mie instan goreng. Diantara kesembilan atribut, atribut bumbu
dan rasa memiliki skor sikap yang tertinggi. Ini artinya bahwa kedua atribut
tersebut dianggap lebih penting. Berdasarkan skor Fishbein, responden lebih
menyukai produk INDOMIE dibandingkan MIE SEDAP. Semua responden lebih memilih INDOMIE
dibandingkan MIE SEDAP, hal ini dapat dilihat pada perhitungan hasil analisis
sikap. Hampir disemua atribut pada INDOMIE unggul dari MIE SEDAP, ini
menunjukkan bahwa atribut internal INDOMIE lebih bagus. INDOMIE dapat unggul
dalam skor Fishbein dikarenakan citra yang dibangun oleh INDOMIE sangat bagus
dan INDOMIE merupakan mie instan pertama di Indonesia yang diproduksi oleh
Indofood. Sehingga INDOMIE yang sudah lama diproduksi membuat citra merek
sangat kuat dibenak konsumen. Bahkan saat membeli mie instan banyak konsumen yang
langsung mencari INDOMIE bukan merek yang lain.
Jadi,
bukan hanya di penelitian saya ini yang menyatakan bahwa INDOMIE unggul dari
MIE SEDAP atau merek yang lainnya tetapi dalam kehidupan sehari-hari INDOMIE
sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dan paling dicari oleh konsumen.
Dilihat dari penelitian ini, INDOMIE butuh perbaikan atribut zat gizi karena
mie instan kurang bergizi dan apabila pesaing dapat memanfaaatkan celah ini
maka dapat menjadi lawan INDOMIE di pasar mie instan. MIE SEDAP butuh waktu dan
usaha yang kuat untuk dapat mengalahkan INDOMIE karena atribut pada MIE SEDAP
sangat kurang dimata responden. Oleh sebab itu, MIE SEDAP butuh perbaikan
atribut baik atribut internal dan eksternal. INDOMIE hanya perlu mempertahankan
keunggulan atributnya dan lebih bagus lagi membuat inovasi baru pada mie instan
goreng.
NB: hanya sebagai referensi dan jangan di copy-paste, kerjakan tugas dengan kemampuan sendiri.
0 komentar:
Post a Comment