Bijaklah Saat Mendengarkan Musik Lewat Earphones


Kemudahan mendengar musik dapat membuat orang lupa. Pertama, lupa akan menjaga telinganya, yang menjadi indra pendengaran sehingga keindahan musik dapat ditangkap. Kedua, lupa menjaga earphone yang biasa dipakai sehingga menjadi rusak atau kualitasnya menurun. Mendengarkan musik terus-menerus utamanya dilakukan saat tidak ada hal lain yang harus dikerjakan. Lihat saja orang-orang yang menunggu bus atau duduk santai ditempat keramaian dengan mudah ditemui penggemar musik yang telinganya tersumpal earphones.
Meski menyenangkan, hendaknya kita berlaku bijak. Jika telinga mulai terasa panas dan berdengung, boleh jadi hal tersebut menandakan koklea atau rumah siput mengalami kelelahan. Berhati-hatilah, apabila anda menggunakan earphones lebih dari lima jam dalam sepekan. Gangguan pendengaran tidak langsung terjadi, apalagi jika anda masih muda. Gangguan baru mulai dirasakan setelah bertahun-tahun kemudian, tetapi dapat berakibat kerusakan permanen pada telinga.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perawatan earphones anda. Perangkat mungil berupa dua speaker yang tersambung dengan kabel kecil ke alat pemutar musik  ini memang gampang-gampang susah merawatnya. Banyak orang kerap menggulung kabel dengan cara dililitkan pada pemutar musik. Cara ini sebenarnya kurang baik, apalagi jika kabel digulung dengan ketat. Kawat-kawat tipis didalam kabel akan menegang dan kaku apabila ditarik dan terus menerus dalam kondisi demikian. Jangan heran suatu ketika earphones berhenti bersuara karena kawat-kawat tipis tersebut putus didalam. Demikian pula dengan bagian speaker. Anda mungkin menaruhnya begitu saja didalam tas, yang juga berisi benda-benda lain. Speaker yang rapuh sangat mungkin tergesek dan terbentur sehingga megalami kerusakan.
Cara paling baik adalah menyimpan earphones dalam wadah sehingga tidak terbentu benda-benda lain. Agar kabel tidak menjuntai, gulunglah kabel tanpa melilitkannya ke benda lain. Setelah tergulung, anda dapat mengikatnya sehingga lebih rapi dan tidak kusut. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya earphones disimpan ditempat tertutup, jauh dari debu dan kotoran. Dengan cara ini, usia earphones lebih awet dan kualitas suara yang dihasilkan pun tetap prima.
Jadi, lebih bijaklah anda dalam mendengarkan musik dengan earphones, supaya anda jauh dari gangguan telinga dan jangan terlalu sering mendengarkan lewat earphones karena batas mendegarkan musik lewat earphone hanya 5 jam dalam sepekan dan satu lagi, jangan terlalu keras volume musik apabila mendengarkan musik lewat earphones.

0 komentar:

Post a Comment