Android Loe Versi Apa?


Sistem operasi Android ada beberapa versi atau tingkatan-tingkatan, yaitu:  
  • Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
 
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

  •  Android versi 1.6 (Donut)
  
 
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

  • Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.
  • Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
  • Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

  • Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.
  • Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
  • Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Android 4.1 Jelly Bean baru saja resmi diluncurkan, dan akan mulai bergulir pada pertengahan Juli 2012 ini.  Khusus untuk versi 4.1 Jelly Bean mari kita kupas fitur yang didukung oleh sistem operasi android ini.
Google Now
Google Now adalah sebuah fitur baru pada sistem Android yang terbaik. Sistem ini dapat membantu anda menyimpulkan dan mengatur yang apa yang Anda lakukan pada titik yang lebih cepat dan lebih efektif. Sistem ini hampir sama dengan SIRI yang mengenali suara dan dilengkapi dengan  informasi dari data riwayat pencarian, kalender, dan lokasi Anda yang dapat memberikan jawaban berguna dalam hitungan detik.
Google Now dapat diakses sebagai bar slide-up dari homescreen yang akan memberikan beberapa informasi tanpa Anda memintanya. Misalnya Anda ingin mengetahui dimana KFC berada dikota Anda, Google Now akan langsung memberitahukan KFC yang paling dekat dengan Anda dan berbagai macam kegunaan yang bisa anda temukan.
Project Butter
Dibalik namanya yang Aneh, terdapat Ide yang begitu briliant. Tujuan Project Butter ini adalah untuk membuat Android berjalan pada solid 60fps, lengkap dengan triple buffering dan forced vsync. Pada dasarnya, nama Butter ini diambil dari Mentega yang licin, dan diharapkan Jelly Bean akan berjalan selicin mentega.
Project Butter juga bertujuan untuk meningkatkan respon layar sentuh dengan memprediksi dimana jari Anda akan menyentuh.
Mentega juga bertujuan untuk meningkatkan respon layar sentuh, dan bagaimana sistem trek jari Anda. Hal ini dilakukan dengan memprediksi di mana jari Anda akan.
Berbagai fitur akan didapatkan dari Project Butter ini dan kita berharap Android nantinya bisa berjalan licin dan mulus secepat IOS dan Windows Phone.
Notifications
Sistem pemberitahuan dari Android telah diberika perbaikan. Sekarang Anda dapat memilih aplikasi untuk dimunculkan pada Notifikasi. Anda bisa langsung berkomentar pada Facebook, twitter, Google+ langsung dari layar notifikasi anda. Developer juga dapat mengembangkan perilaku notification terhadap applikasi buatannya.
Browser
Google Chrome saat ini telah menjadi browser standar untuk perangkat Android 4.1. Saat ini Google Chrome terbaru akan tersedia untuk Android dan IOS.
Android Beam
Beam telah menjadi bagian dari Android sejak Ice Cream Sandwich diperkenalkan, tetapi pada Jelly Bean, Android Beam akan membawa banyak perbaikan yang sangat dibutuhkan. Android Beam adalah sebuah NFC file sharing interface yang berfungsi untuk berbagi file dengan Ponsel yang mendukung NFC hanya dengan ketukan. Setelah terjadi ketukan, informasi akan langsung ditransfer ke perangkat penerima.
Mungkin masih banyak handset yang belum mengadopsi teknologi NFC, tetapi perkembangan teknologi ini sudah mulai terasa dimana hampir semua perangkat baru yang diluncurkan sudah mulai mengadopsi teknologi ini.
Aplikasi Kamera yang Lebih Baik
Fitur aplikasi kamera yang terintegrasi telah ditambahkan, meskipun penambahan ini lebih banyak berkaitan untuk melihat foto daripada shoot. Setelah Anda telah melakukan pemotretan, anda bisa langsung memberikan “quick swipe” pada foto yang baru saja diambil. Begitu juga dengan Galeri yang bisa browsing dan menghapus foto dengan lebih cepat. (sumber: wikipedia & berbagai sumber lainnya)  

0 komentar:

Post a Comment